Senin, 28 Oktober 2013

Mojokerto Menuju Smart City (Kota Pintar)

Mojokerto Smart City

Sampai jumpa lagi teman-teman. Sudah lama saya tidak posting, dikarenakan saya sibuk sekali dengan kegatan sekolah. Tapi kali ini saya akan posting sebuah Artikel tentang  Mojokerto Smart City.
Mojokerto adalah sebuah kota yang dahulu daerah tingkat II berstatus kotamadya di Jawa Timur, Indonesia. Kota ini merupakan kota terkecil di Jawa Timur. Meskipun tergolong Kota kecil dan pinggiran, namun bukan tidak mungkin Kota Mojokerto mempunyai potensi untuk menjadi sebuah kota dunia bahkan Smart City atau Kota Pintar yang dapat menjadi Kota idaman bagi masyarakat baik dari Indonesia maupun dari luar negeri.
Kesiapan Kota Mojokerto akan hal itu terbukti dengan semakin pesat nya perkembangan infrastruktur Kota Mojokerto. Dengan berkembangnya infrastruktur tersebut maka semakin menegaskan Mojokerto menuju kota Megapolitan. Terbukti dengan berdirinya banyak Sekolah tingkat dasar maupun tingkat menengah yang bertujuan untuk memajukan Pendidikan di Mojokerto ini. Semua itu semakin menegaskan kesiapan Mojokerto benar-benar tengah bersiap tinggal landas menuju megapolitan yang sebenarnya.
Setiap kota seharusnya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakatnya. Terutama dalam memperoleh Pendidikan yang berkualitas.
            Model pelayanan Pendidikan pada Kota Pintar (Smart City) baik Negeri maupun Swasta, Diterapkan terutama untuk menggunakan Teknologi Modern. Termasuk penyediaan fasilitas untuk kegiatan belajar seperti program perpustakaan berjalan, program wajib belajar pukul 19.00 sampai 20.00, kemudian  penyediaan sarana Wifi disudut-sudut kota seperti di dekat Sekolah, perkantoran, dan taman-taman yang sering dikunjungi masyarakat. Sehingga akan menunjang pendidikan masyarakat. Dimana akan terjadi perubahan perilaku untuk menjadi lebih baik sehingga dapat meningkatkan keseluruhan aspek keberlanjutan dan kesehatan lingkungan kota.
            Tujuan utama dari pembangunan sebuah “Kota Pintar” (Smart City) adalah bagaimana kita memajukan pendidikan dan mampu mendukung masyarakatnya untuk hidup makmur, adil dan sejahtera dengan Pendidikan yang berkualitas tersebut.
            Untuk mencapai tujuan ini diperlukan kerjasama antara Pemerintah, masyarakat terutama orangtua untuk selalu membimbing putra-putrinya dengan baik dan memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan oleh Pemerintah.
Salah satu cara terbaik untuk memulai adalah dengan menetapkan titik awal berdasarkan karakter dari kota tersebut. Dari titik ini kemudian dapat dirancang cara yang paling sesuai mengikuti anggaran yang tersedia, dilanjutkan dengan pilihan teknologi, strategi, dan pelatihan.
Beberapa faktor yang penting untuk dipertimbangkan saat merencanakan sebuah kota menjadi Smart City.

1.      Bekerjasama dengan melibatkan semua pihak.

Untuk berhasil melaksanakan misi sebagai Kota pintar, Pemimpin Kabupaten/Kota harus dapat bekerjasama menyelaraskan kepentingan dan tujuan dari berbagai sektor,lembaga masyarakat, sector Swasta dan seluruh komponen masyarakat.

2.      Membangun dan menggunakan infrastruktur pintar.

Pemimpin Kabupaten/Kota harus mulai menjajaki teknologi dan konsep infrastruktur yang modern, dan pintar. Dengan cara menghadiri Konferensi dan pameran teknologi di seluruh dunia sehingga memiliki pengetahuan dan menimba pengalaman dari berbagai kota di negara lain sehingga akan lebih mudah untuk memulai pembangunan kota pintar di daerahnya.

3.      Mempersiapkan modal untuk mampu menjawab tantangan dan peluang kedepan.

Pemimpin Kabupaten /Kota harus memiliki modal yang cukup untuk melaksanakan program Smart Cityi ini sehingga program tersebut akan berjalan baik tanpa dihalangi oleh kekurangan biaya atau modal.

Sekian artikel dari saya, semangat pemuda-pemudi Kota Mojokerto !!

0 komentar:

Posting Komentar